Tempat Objek Wisata Terindah di Kab Merangin Jambi

1. Dam Betok

majid dam btok

 

betuk
Bupati Merangin mencoba berkeliling Dam Betuk menggunakan perahu motor || teguhBupati Merangin mencoba berkeliling Dam Betuk menggunakan perahu motor
Dam Betuk Bangko. Panduan Wisata menuju dam betuk Objek wisata, dam betuk berada di daerah kecamatan tabir lintas, kabupaten merangin propinsi jambi. Objek wisata dam betuk yang dalam bahasa jambi dam=bendungan atau waduk jadi dam betuk adalah waduk yang bernama betuk
majid dam btok2
Asal kata betuk konon dari nama ikan betok, di waduk ini banyak ikan betok nya.
Keindahan waduk ini menyimpan pesona yang mungkin belom banyak di dengar sampai ke seluruh indonesia,namun demikian objek wisata dam betuk ini selalu meningkatkan mutu pelayanan para pengunjung sehingga nantinya akan menjadi objek wisata andalan baik tingkat propinsi bahkan ke manca negara.
Panduan menuju dam betuk
Dengan pesawat
  • dari kota anda menuju jambi di bandara sultan taha, selanjutnya anda bisa naik travel ke kota bangko, sekitar 3 jam perjalanan. Anda bisa menginap di kota bangko atau jika masih siang anda bisa naik angkutan pedesaan jenis carry minibus yang ada di pasar atas atau pasar bawah.atau menyewa mobil rental.
Dengan kendaraan pribadi
  1. Anda dari arah padang,medan via padang,riau via kiliran jaoanda akan menjumpai kota muara bungo, ada simpang 3 yang kiri ke jakarta via tebo dan lurus menuju kota bangko,perjalanan sekitar ±65km jalan masuk ke dam betuk di sebelah kanan (ada petunjuk objek wisata di pinggir jalan)
  2. Dari arah bengkulu via lubuk linggau.Sampai di Simpang 3 di lubuk linggau anda belok kiri arah padang, perjalanan 2 jam anda akan menemukan kota sarolangun terus lurus, 1 jam selanjutnya memasuki kota bangko tetap ambil arah lurus melewati jalur tiga bangko, sekitar 18 km dari bangko ada simpang kekiri menuju dam betuk(ada penujuk objek wisata di plang hijau dishub)
  3. Dari jakarta via palembang menuju jambitiba di jambi ada simpang tiga namanya simpang rimbo,ambil arah kiri menuju muara bulian lanjut muara tembesi ada simpang tiga ambil kiri arah sarolangun terus menuju sarolangun ada simpang 3 dekat jembatan ambil arah bangko(padang) sampai kota bangko kalau sudah malam sebaiknya anda menginap dulu,dari bangko ambil arah kota padang, ±18 Km dari kota bangko ada simpang ke kiri ada penunjuk objek wisata dijalan.
Dengan bus dari jakarta anda tidak melewati objek wisata ini, turunlah di kota jambi dan cari travel di simpang rimbo yang akan membawa anda ke kota bangko. Selanjutnya naik ojek atau angkutan pedesaan carry minibus jurusan muara bungo.atau menyewa kendaraan sperti avanza,xenia, kijang kapsul dll.
Catatan:
Di objek wisata ini belum ada penginapan. Bila anda tiba di kota bangko sore atau malam hari sebaiknya menginap dulu di kota bangko
**************************************************************************************

2. Taman Buaya/Taman wisata Rio Alif 

Taman wisata Rio Alif terletak di Desa Langling Kecamatan Bangko, atau biasa dikenal Taman Buaya di Dusun Mudo, Bangko. dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat selama 10 menit dari kota Bangko. Tamanwisata ini merupakan perpaduan antara objek wisata alam dan objek wisata buatan.

buaya

Didalam kawasan objek wisata ini terdapat kawasan hutan dengan jenis-jenis pohon langka, air terjun sungai Piul, kolam tempat penangkaran Buaya dan tempat penangkaran Rusa Tutul yang didatangkan dari taman safari Bogor.

Di Taman wisata ini juga telah difasilitasi dengan jalan lingkar rabat  beton, tempat duduk, gazebo dan tempat pemandian alam, serta permainan anak-anak berupa Buaian Keliling dan Gocard.

Taman wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena dikawasan ini udaranya sangat sejuk dan asri, terutama pada hari libur.

Pada hari-hari tertentu terutama hari raya idul fitri dan hari besar lainnya, ditempat ini dilaksanakan atraksi hiburan berupa kesenian daerah/etnis, Road Rice, tempat penelitian ilmiah, Perkemahan dan sarana kegiatan Pemerintah Daerah.

Taman Buaya atau Taman wisata Rio Alif yang berlokasi dipinggir Kota Bangko dengan luas ± 80 Ha yang merupakan lahan/areal konservasi flora dan fauna, berfungsi sangat strategis yaitu sebagai paru-paru kota.

Taman Buaya atau Taman wisata Rio Alif terletak di Desa Langling Kecamatan Bangko, (Dusun mudo bangko) dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat selama 10 menit dari kota Bangko. Tamanwisata ini merupakan perpaduan antara objek wisata alam dan objek wisata buatan.

Didalam kawasan objek wisata ini terdapat kawasan hutan dengan jenis-jenis pohon langka, air terjun sungai Piul, kolam tempat penangkaran Buaya dan tempat penangkaran Rusa Tutul yang didatangkan dari taman safari Bogor.

Di Taman wisata ini juga telah difasilitasi dengan jalan lingkar rabat  beton, tempat duduk, gazebo dan tempat pemandian alam, serta permainan anak-anak berupa Buaian Keliling dan Gocard.

Arboretum Rio Alif buaya

Taman wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara karena dikawasan ini udaranya sangat sejuk dan asri, terutama pada hari libur.

Pada hari-hari tertentu terutama hari raya idul fitri dan hari besar lainnya, ditempat ini dilaksanakan atraksi hiburan berupa kesenian daerah/etnis, Road Rice, tempat penelitian ilmiah, Perkemahan dan sarana kegiatan Pemerintah Daerah.

Taman wisata Rio Alif yang berlokasi dipinggir Kota Bangko dengan luas ± 80 Ha yang merupakan lahan/areal konservasi flora dan fauna, berfungsi sangat strategis yaitu sebagai paru-paru kota.

********************************************************************************

3. GOA SENGAYAU

Goa Sengayau terletak di Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Manau yang berjarak dari Kota Bangko       50 Km dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat serta diteruskan dengan berjalan kami sejauh 800 meter.

Salah satu keunikan dari Goa Sengayau ini didalamnya terdapat Meja dan Kursi yang terbuat dari batu. berdasarkan penelitian Arkeologi Goa ini pernah dihuni oleh manusia purba pada abad 10 Masehi.
Disamping itu dalam Goa tersebut terdapat anak sungai yang mengalir serta memiliki potensi berupa Sarang burung walet sebagai mata pencarian masyarakat setempat.

Goa Sengayau ini terbentuk dari susunan batu-batuan kaviler yang terdiri dari stalaknit dengan dihiasi oleh ornament alam dan sebagian terbentuk dari rembesan kucuran dan tetesan air dari dinding dan bagian atas Goa yang sangat mengagumkan, selain itu juga apabila dipukul akan menimbulkan suara-suara yang unik.

Di kabupaten Merangin selain Goa Sengayau masih terdapat Goa-goa lain seperti Goa Tiangko dan Sengering.

******************************************************************************

4. DANAU DEPATI EMPAT di JANGKAT Surga Tersembunyi di Jambi

25082013_danau_merangin_jangkat
Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin benar-benar surga terpendam sektor pariwisata di Jambi, termasuk atraksi air panas menyembur (geyser). Hanya ibarat mutiara dalam lumpur, kondisinya belum berkilau lantaran belum digosok alias belum dikelola dengan maksimal.
Berdasar penelusuran Tribun, sedikitnya ada 14 potensi wisata di kaki Gunung Masurai itu. Sebagian besar potensi wisata berbasis pemandangan alam (scenic tourism), selebihnya berbasis non panorama. Perinciannya lima danau, enam air terjuan, satu air panas menyembur (geyser), satu gunung.
Dua lainnya terbagi makam tokoh Islam dan Alquran tulisan tangan. Keberadannya terpendam lantaran akses ke lokasi sulit, dan jalan tidak bagus. Keberadaan mereka tersebar di tiga kecematan di kaki Gunung Masurai. Yakni, Kecamatan Jangkat, Lembah Masurai dan Sei Tenang.
Warga biasa mengenal kawasan itu sebagai wilayah Luhak 16. Tinggi menjulang 2.935 meter dari permukaan laut (mdpl), Gunung Masurai seolah memayungi pesona surgawi potensi wisata di Kabupaten Merangin, selain Geopark tentunya. Sekilas alamnya mirip Kayu Aro di Kerinci dan Lembang di Jawa Barat.
Pendeknya, cuaca di lokasi dingin dibanding daerah Jambi lainnya. Keberadaan danau di lokasi juga menawarkan sensasi berbeda-beda. Yakni, Danau Pauh, Danau Depati Empat, Danau Tinggi, Danau Kecil, dan Dana Kumbang. Paling dikenal Danau Pauh, danau alam di Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, 90 KM dari Bangko.
Sisi timur danau telah menjadi permukiman warga, bagian barat bahkan telah berdiri satu pondok pesantren. Sedangkan selatan dan utara masih belantara semak. Momen Lebaran lokasi menjadi tempat tujuan wisata. Kondisi ke lokasi sudah bisa dilewati kendaraan roda empat, bahkan bisa parkir di tepian danau.
Menuju ke lokasi, selain lewat jalur darat juga dapat menumpang tempek. Sejenis perahu bermesin tempel, atau pilihan lain rakit bambu. “Wah kami tidak menghitung. Tapi yang pasti ribuan orang setiap hari selama Lebaran ini. Apalagi masuk kan gratis, paling bayar parkir saja,” ujar Midra, warga Danau Pauh, baru-baru ini.
*****************************************************

5. Gua Ulu Tiangko

Mulut-Gua-Ulu-Tiangko-Jambi

Gua alam dengan stalagtit & stalagmit
1.
Lokasi
:
Kecamatan Sungai Manau, 15 km dari kota Sungai Manau.
2.
Wisata
:
Gua ini diperkirakan di masa lalu pernah menjadi tempat tinggal. Gua dengan lebar 5-6 m dengan ketinggian ± 2 m ini memiliki stalaktit dan stalakmit, lantainya terdiri dari kerikil & pasir. Terdapat habitat walet & kelelawar di dalamnya. Di kawasan ini dalam area 2-5 km juga terdapat 10 gua lainnya dengan berbagai bentuk yang unik. Diperkirakan beberapa gua ini membentuk jaringan gua bawah tanah yang rumit seperti labirinth. Suasana alam sekitar masih asli, lokasi ini bisa ditempuh dengan berjalan kaki melalui ladang-ladang masyarakat.

6. Grao Solar, Grao Nguak & Grao Kunyit

gua solar

Wisata alam berupa grao (geyser)
1.
Lokasi
:
Kecamatan Jangkat, 76 km dari kota Bangko.
2.
Wisata
:
Geyser (grao) adalah sumber mata air bertekanan yang menyembur dari dalam bumi. Keunikan grao ini adalah semburannya bisa mencapai ketinggian 15 m dengan air yang sangat jernih

7. Gunung Masurai

Kawasan perbukitan dengan pemandangan panorama yang asri
1.
Lokasi
:
Kecamatan Muaro Siau, Dusun Tuo, 96 km dari kota Bangko.
2.
Wisata
:
Gunung ini merupakan kawasan perlindungan satwa liar & habitatnya seperti : gajah, macan dahan, kijang, dll.

8. Danau Pauh

Danau di kawasan perbukitan dengan pemandangan panorama yang asri
1.
Lokasi
:
Kecamatan Jangkat, 96 km dari kota Bangko.
2.
Wisata
:
Danau dengan luas ± 30 ha di ketinggian 1.200 m diatas permukaan laut ini dikelilingi hutan & perkebunan kayu manis & kopi milik penduduk setempat. Dari kawasan ini dapat dilihat panorama hutan yang dilatarbelakangi Gunung Masurai yang sangat indah. Lokasi dapat dicapai dengan menggunakan mobil yang dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Dusun Tuo

9. Danau Depati Empat

Kawasan perbukitan dengan pemandangan panorama yang asri
1.
Lokasi
:
Kecamatan Jangkat, 109 km dari kota Bangko.
2.
Wisata
:
Danau dengan luas ± 271 ha di ketinggian 1.500 m diatas permukaan laut ini dikelilingi kondisi alam yang masih asli dengan air yang jernih. Di siang hari dengan sinar matahari yang cerah, airnya dapat terlihat seperti memiliki 3 warna. Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan mobil yang dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Desa Muaro Madra

10. Air Terjun Sigerincing

Air terjun dengan ketinggian 62 m
1.
Lokasi
:
Kecamatan Muaro Siau, Desa Dusun Tuo, 45 km dari kota Bangko.
2.
Wisata
:
Air terjun ini sumber airnya berasal dari Gunung Masurai, ketinggian jatuhnya mencapai 62 m. Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh dengan mobil & dilanjutkan dengan berjalan sejauh 200 m

11. Gading Bertua

Situs kuno yang dikeramatkan penduduk setempat
1.
Lokasi
:
Kecamatan Sungai Manau, 40 km dari kota Bangko.
2.
Wisata
:
Gading ini berwarna kuning kehitaman dengan panjang ± 1,5 m dengan diameter 10 cm, berat mencapai 50 kg & diperkirakan berusia ± 750 tahun

12. Perumahan Kuno Rantau Panjang

1.
Lokasi
:
Kecamatan Tabir, Desa Barau Rantau Panjang, 30 km dari kota Bangko.
2.
Wisata
:
Rumah-rumah yang masih dirawat & dihuni ini tersusun berdampingan, dengan gaya panggung (rumah diatas tiang), dilengkapi ornamen & ukiran di dinding & tiang-tiangnya. Masih terdapat ± 60 rumah yang diperkirakan berusia 500 tahun.
Salah satu rumah telah dipugar menurut aslinya dengan pengawasan Pemerintah.
Di perkampungan ini juga masih banyak tersimpan peninggalan bersejarah masa lalu seperti : peralatan pertanian tradisionil, benda-benda pusaka, batik tulis kuno, tenun ikat, perlengkapan pengantin, dll.
Tempat ini sangat baik untuk wisata budaya & pendidikan

13. Air Terjun Sungai Piul

Wisata air dan panorama alam
1.
Lokasi
:
7 km dari kota Bangko.di sungai piul.
2.
Wisata
:
Air terjun ini banyak dikunjungi wisatawan karena mudah dicapai dari kota Bangko, dilokasi ini juga banyak dijumpai penjaja jajanan khas daerah oleh penduduk setempat

14. Jam Gento

Jam penunjuk waktu sholat
1.
Lokasi
:
Pusat kota Bangko
2.
Wisata
:
Jam ini berfungsi untuk menunjukan waktu sholat & kumandang adzan, sedangkan gedung penyangganya sebagai tower stasiun radio

15. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Salah satu dari 4 Taman Nasional yang terdapat di Provinsi Jambi
1.
Lokasi
:
Kecamatan Gunung Kerinci, 35 km dari kota Kerinci, 430 km dari Kota Jambi
2.
Wisata
:
Merupakan salah satu Taman Nasional terluas di Asia, membentang sejauh ± 345 km di sepanjang untaian Bukit Barisan dengan luas mencapai tidak kurang dari 1,368 juta ha. Luas TNKS meliputi 4 provinsi (Jambi, Bengkulu, Sumbar & Sumsel) dengan 45% luas berada di Jambi & berpusat di Kerinci.
Manfaat utama dari konservasi TNKS adalah :
1.
Sebagai blok hutan tropis terluas di Sumatera, yang memberi manfaat bagi pelestarian keanekaragaman hayati (flora, fauna & habitatnya sebagai satu kesatuan).
TNKS memiliki setidaknya 360 spesies burung, 25 jenis mamalia, 100 spesies reptilia, 60 spesies amphibia, & 8 spesies primata. Termasuk pula satwa langka seperti Harimau Sumatera, Badak, & Gajah Sumatera.
Dilengkapi dengan 4 ribu spesies flora termasuk bermacam anggrek alam, Rafflesia & Amorphopallus.
2. Sebagai area resapan air di kawasan puncak Bukit Barisan dimana 2 sungai besar (Batanghari & Musi) serta beberapa danau bergantung pasokan air padanya. Hutan TNKS memegang peran penting menentukan banjir atau keringnya Sumatera bagian tengah baik di pantai barat maupun timur

 Ternyata ada 15 tempat….Mungkin masih banyak lagi….

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan.